Magic com merupakan alat memasak dan memanaskan nasi, asal mulanya alat ini bernama magic jar yang merupakan alat yang banyak digunakan sebagai pemanas nasi. Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, sekarang orang lebih praktis memasak menggunakan magic com.

Cara Kerja Magic Com

Magic com memiliki cara kerja yang relatif sederhana. Pada dasarnya magic com bekerja dari sumber listrik yang masuk ke panel pengontrol dan masuk ke sistem elemen pemanas. Ketika panel pengontrol diaktifkan ke posisi memasak, element akan aktiv pda posisi panas yang dikehendaki, Jika nasi yang dimasak sudah matang maka akan secara otomatis panel akan berpondah ke posisi pemanas. Jadi intinya cara kerja ini adalah mengubah energi listrik menjadi energi panas melalui element pemanas.
Cara Kerja Magic Com
Baca juga :
Cara Kerja Kipas Angin

Komponen Magic Com

- Kabel power, terdiri dari tusuk kontak untuk kesumber listrik dan kontak steker untuk ke terminal peralatan. Bila peralatan tidak terpakai, kabel dapat dilepas dan disimpan terpisah.
- Pan atau panci bagian dalam berfungsi untuk menempatkan beras yang akan dimasak.
- Lampu indikator digunakan untuk menunjukkan on atau off magic com.
- Bodi atau rumah bagian luar (out case), sebagai pelindung dari pan bagian dalam dan elemen. Pada bagian ini biasanya terdapat sakelar dan terminal untuk kabel tenaga.
- Sakelar, pada umumnya mempunyai 2 dudukan yaitu dudukan cooking dan warm.
- Elemen pemanas biasanya dililitkan pada bagian samping dan bagian dalam. Untuk jenis seperti ini, apabila elemen rusak dapat diperbaiki . Namun kebanyakan magic com yang diperdagangkan sekarang ini banyak yang menggunakan elemen pemanas yang ditempatkan pada bagian pipa yang solid atau permanen sehingga apabila rusak maka akan sulit untuk diganti dan biasanya terdapat 2 elemen yaitu elemen samping dan elemen atas.
- Otomatis berfungsi sebagai pemindah fungsi sakelar dari cooking menjadi warm secara otomatis.

Mengatasi Permasalahan Seputar Magic Com

1. Lampu indikator Magic com tidak menyala
Lampu indikator tidak menyala biasanya disebabkan kabel power putus / lepas atau lampu indikatornya putus / lepas. Untuk memperbaikinya silahakan ikuti tahapannya :
- Lepaskan kabel power atau kabel penghubung dari stop kontak. pastikan kabel tidak putus dan masih bisa digunakan.
- Buka penutup atas  magic com, lalu angkat panci tempat nasi
- Lepaskan pelapis kedua bagian bawahnya lalu periksa lampu indikatornya . jika kabel penghubung atau lampu indikator lepas segera pasang kembali.
- Jika lampu indiktor berwarna hitam , berarti lampu indikator itu putus segera ganti yang baru.
- Selain memeriksa lampu, periksa pula komponen papan panelnya, seringkali kapasitor , resistor dan komponen lainnya terbakar . Jika ada komponen yang terbakar , lepas komponen tersebut kemudian ganti dengan yang baru.

2. Otomatis magic com tidak jalan
Untuk melihat atau memeriksa otomatis masih berfungsi atau tidak  pastikan kabel power dalam kondisi on dan tutuplah magic com dengan rapat , tunggu hingga kira-kira 15 menitan. Lihatlah lampu indikator warm. Apabila mati dalam beberapa saat kemudian menyala lagi artinya otomatis magic com masih dalam keadaan bagus. Jika tidak mati dan menyala terus berarti otomatis magic com tidak berfungi dan harus diganti, Untuk memperbaiki masalah ini ikutilah langkah-langkahnya :
- Lepaskan kabel power  atau kabel penghubung dari stop kontak
- Buka penutup atas magic com lalu angkat panci tempat nasi
- Lepaskan pelapis dua bagian bawah
- Lepaskan pengait yang ada pada badan atau bodi magic com
- Periksa platinan otomatis untuk mengetahui kondisi sakelar on-off masih dalam keadaan bagus atau tidak
- Bersihkan kontak platina dengan kertas ampelas atau kertas gosok . Kemudian coba setelan platinanya.
- Jika terdapat thermostat yang menghubungkan element  dengan platina otomatis, periksalah masih tersambung atau tidak dengan menggunakan multimeter . Jika putus segera ganti dengan yang baru.

Baca juga :
Cara Kerja Lampu Darurat

3. Magic Com Tidak Menghasilkan Panas
Untuk memperbaiki kondisi ini, kamu harus membongkar semua komponen dengan cara berikut :
- Periksa kabel power dengan menggunakan alat multi tester atau avo meter. Apabila ada salah satu kabel yang putus atau tidak tersambung sebaiknya diganti dengan yang baru.
- Jika kabel power dalam keadaan bagus atau tidak terputus maka langkah selanjutnya membongkar bodi magic com tadi.
- Sebelum membongkar magic com lepaslah kabel power dari stop kontak.
- Buka penutup atas lalu angkat panci tempat penanak nasi.
- Lepaskan baut atau sekrup dan penguncinya satu per satu.
- Periksa pengatur panas magic com yang dilengkapi dengan pengatur / pembatas panas dari bimetal. Kerusakan pada bimetal dapat menyebabkan magic com tidak panas atau atau terlalu panas. Untuk mengatasi masalah ini bmetal perlu diperiksa dan disetel ulang atau diperbaiki.
- Jika pengatur panas masih normal maka periksalah elemen pemanas dengan menggunakan avometer atau multi tester.
- Kerusakan elemen pemanas biasanya disebabkan oleh kesalahan pada tegangan, yaitu tegangan 110 Volt. Tegangan 110 volt dipakai pada tegangan 220 volt. Penyebab lainnya karena kurangnya pemelihareaan. Bagian elemen atau bagian dasar dari magic com berkarat, sehingga pelindung elem rusak (elemenya rusak atau putus atau juga terhubung singkat dengan badan magic com).
- Untuk memeriksa elemen, tempelkan ujung pertama elemen pemanas pada kabel avometer warna merah sedangkan kabel avometer warna hitam ditempelkan pada ujung elemen pemanas yang lainnya. Apabila avometer tidak menunjukan indikasi kontak atau tidak bergerak kekanan berarti elemn pemanas tersebut mati atau tidak berfungsi.
- Langkah selanjutnya adalah melepaskan elemen tersebut dan menggantinya dengan yang baru dan sesuaikan dengan spesifikasi elemen yang rusak tadi.
- Setelah elemen terpasang dengan benar, maka pasang kembali komponen magic com dengan benar seperti semula.

Merawat Magic Com

Untuk merawat magic com memang relatif ringan, perawatan ini dapat dilakukan pada bagian fisik magic com serta bagian kelistrikan dan bagian mekanik. Berikut beberapa perawatan yang bisa dilakukan  :
- Bersihkan bagian komponen seperti pan bagian dalam dan rumah bagian luar.
- Harus selalu membersihkan pelat pelapis tutup atas magic com.
- Membersihkan bagian dalam cukup dengan air dan sabun atau vam. Agar bagian luarnya tidak mudah berkarat  dan harus selalu mengeringkannya serta kalau bisa memberikan anti karat.
- Saat mencuci bagian dalam magic com pastikanlah bahwa tidak ada air yang masuk serta magic com dalam keadaan bersih.
- Pelihara kelistrikannya dengan cara melihat bagian kabel agar jangan mudah tertekuk sampai nasi telah matang.
- Setiap kali akan menggunakan magic com pastikan tidak ada benda lain yang berada didalam pada antara pan dengan bagian dasar karena itu akan menggangu proses memasak nasi.
- Letakkan magic com dalam posisi tegak sehingga menanak nasi akan bekerja secara baik.
- Menanank nasi sesuai kapasitas magic com
- Selalu memeriksa alat pemutus aliran listrik otomatis, bila alat ini rusak maka akan menyebabkan listrik terus mengalir ke elemen meski nasi sudah matang.

Baca juga :
Cara Kerja Setrika Listrik

Tips Membeli Magic Com

- Pastikan membeli magic com ditempat yang aman dan terpercaya
- Pilihlah magic com dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan
- Perhatikan kualitas bahan magic com, mulai dari bodi, gagang dan tempat penanak nasinya.
- Pilihlah kemampuan magic com yang sesuai keinginan.
- Pilihlah magic com yang memiliki fasilitas yang lebih dibandingkan dengan yang lainnya.
- Periksa semua komponen magic com dari bodi sampai ke kedalamnya
- Jangan mudah tergiur dengan banyaknya iklan yang menjual produk magic com dengan harga yang murah  dan tidak masuk akal.
- Ajaklah orang terdekat yang mengerti magic com.
- Lakukan pengetsan dengan mencoba sakelar dan periksa panas yang dihasilkan elemennya.
- Pilihlah kabel dan steker magic com yang berkualitas bagus.
- Perhtaikan switch atau sakelar otomatis apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Apabila switch otomatis dapat bekerja dari proses cook pindah ke otomatis warm berarti switch berfungsi dengan baik.

Previous Post Next Post