Kecepatan loading website / blog akan sangat mempengaruhi nilai sebuah blog yang mana para pengunjung akan melihat bagaimana proses loading sebuah blog yang dikunjungi, selain konten yang berkualitas pada sebuah blog maka kecepatan blog harus juga di utamakan karena jika konten-konten yang disajikan pada sebuah blog sangat berkualitas namun kecepatan blognya sangat lambat kaya siput maka di jamin pengunjung akan cepat-cepat menutup tabnya dan melanjutkan dengan pencarian ke web / blog lain.
Cara Cek Kecepatan Loading Blog
Baca juga :
Hal Penting Saat Daftar Google Adsense Agar Di Terima

Cara Cek Kecepatan Loading Blog

Untuk mengecek kecepatan atau loading blog bisa menggunakan beberapa website penyedia cek kecepatan loading blog, dan berikut merupakan website penyedia cek kecepatan loading blog :

1. Google Pagespeed
Google pagespeed merupakan website penyedia cek kecepatan loading blog yang buat oleh google, dimana sebuah kecepatan blog dapat kita cek dari segi template, gambar, dan lain sebagainya. Selain itu kita juga dapat mengetahui berbagai informasi yang dapat kita lihat untuk acuan perbaikan blog agar lebih maksimal, Untuk mengeceknya silahkan kunjungi Google Pagespeed.

2. GTMetrix
GTMetrix sama halnya dengan Google Pagespeed yang memiliki fungsi serta peranan penting dalam mengecek kecepatan loading blog / website  kalian. Di GTMetrix juga kita dapat melihat berapa nilai kecepatan loading blog serta melihat berbagai kesallahan yang dapat kita perbaiki agar kecepatan blog lebih cepat, Untuk mengecek kecepatan loading blog bisa langsung mengunjungi GTMetrix.

3. Pingdom
Pingdom merupakan alternativ untuk mengecek kecepatan loading sebuah blog dengan banyak pemakai serta memiliki fitur yang lebih lengkap. Untu mengeceknya silahkan kunjungi langsung website Pingdom.

Baca juga :
Cara Memasang Iklan Google Adsense Di Tengah Artikel SEO Responsive

Penyebab Loading Blog Lambat / Berat

Faktor utama yang dapat mempengaruhi kecepatan sebuah blog sangat banyak sekali, dan hal ini banyak sekali tidak dihiraukan oleh para pemilik blog dengan memasang berbagai widget yang kurang penting hanya demi keindahan blog serta kepuasan sendiri. Para pemilik blog seharusnya memperhatikan juga kepuasan para pengunjung blog yang mana akan memberi nilai positif serta akan ingat blog yang pernah ia kunjungi.

Berikut merupakan beberapa penyebab loading blog menjadi berat :
Template
Tempate atau tema pada sebuah blog memang banyak di modifikasi baik dari segi warna maupun backgroundnya sendiri hal ini untuk mempercantik blog yang di kelolanya. Nah jika kalian merupakan salah satu pemilik blog yang suka dengan memodifikasi templatenya maka lebih baik mengutamakan kecepatan loading blog.

Widget
Widget pada blog seperti artikel populer, artikel pilihan, artikel terbaru, jam, kalender dan masih banyak lagi merupakan pilihan widget yang bisa dipakai diblog yang kalian kelola, namun harus diperhatikan juga bahwa pemasangan widget yang berlebihan akan membuat loading blog sangat berat. Jadi gunakanlah widget seperlunya saja untuk mengantisipasi semua itu.

Gambar
Ukuran Gambar thumbnail pada postingan artikel memang akan mempengaruhi terciptanya rasa tertarik para pengunjung untuk melihat artikel tersebut, namun kalian sebagai pengelola blog harus pandai-pandai memodifikasi gambar tersebut agar lebih kecil ukurannya bisa dengan mengkompres atau kalian gunakan tools lainnya agar ukuran lebih kecil.

Demikianlah artikel tentang cara mengecek kecepatan loading blog dengan mudah, semoga artikel ini bermanfaat.
Previous Post Next Post