Kursor pada perangkat laptop sangatlah berperan penting dalam menjalankan semua aktivitas program yang di kerjakan, namun bagaimana jadinya ketika kursor pada laptop tersebut tidak berfungsi atau tidak bergerak sama sekali ?

Apakah kamu pernah mengalaminya atau bahkan sedang mengalaminya ? Hal ini juga yang pernah saya alami di laptop lenovo windows 10, hal ini tentunya membuat saya sangat terkejut dan aneh bukan kepalang. Padahal laptop saya baru dan mana mungkin sudah rusak secepat ini (pikir saya). Namun setelah mencari masalah ini di berbagai tempat akhirnya saya mendapatkan solusi ampuh.
Cara Mengatasi Kursor Tidak Berfungsi Di Laptop
Baca juga :
Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

Penyebab Kursor Tidak Bergerak

Sebelum membahas cara mengatasi kursor tidak bergerak pada laptop, maka disini saya akan mennguraikan beberapa sebab kenapa kursor tidak bergerak / tidak berfungsi, hal yang membuat kursor tidak bergerak diantaranya :
- Mencabut mouse terlalu buru-buru tanpa memperhatikan colokan USB nya
- Touchpad terlalu ditekan sebelumnya
- Kotor didalam touchpad
- Atau ada hal lain yang mungkin sesuai pengalaman teman-teman semua.

Namun disini kronologis kursor laptop saya mati adalah pada saat saya mencabut mouse terlalu cepat dan terburu-buru sehingga mungkin system laptop kaget kalau kata kids zaman now. hehe
Meskipun touchpad tidak berfungsi, namun dengan menggunakan mouse masih dapat bergerak sehingga memudahkan memecahkan masalahnya

Cara Memperbaiki Kursor Tidak Bergerak Pada Laptop

Untuk mengatasi masalah seputar kursor tidak berfungsi atau tidak bergerak, mungkin ada beberapa solusi yang dapat di terapkan agar kursor kembali normal dan dapat di jalankan dengan touchpad laptop, berikut beberapa langkah agar kursor kembali normal

1. FN+F7/F9
Untuk menonaktifkan Kursor yang sedang dalam keadaan freeze, kamu bisa mencoba dengan menekan tombol FN+F7/F9. Namun jika masalah masih belum dapat di atasi kamu masih bisa mencoba cara yang kedua.

2. Control Panel
Untuk memecahkan masalah kursor tidak bergerak kamu bisa melakukan setting di control panel, kebetulan disini saya mengalami kendala pada laptop window 10. Berikut langkah-langkah mengatasinya :
- Pergi ke control panel di laptop yang mengalami masalah pada kursor
Cara Mengatasi Kursor Tidak Bergerak Di Laptop
- Jika menu control panel sudah tampil, silahkan kamu pilih menu Hardware And Sound
Cara Mengatasi Kursor Tidak Berfungsi Di Laptop
Baca juga :
Inilah Penyebab Laptop Menjadi Lemot

- Selanjutnya, silahkan kamu pilih menu Mouse pada Devices And Printers
Cara Mengatasi Kursor Tidak Bergerak Di Laptop
- Cara Mengatasi Kursor Tidak Berfungsi Di Laptop
- Selanjutnya kamu pilih menu Device Settings, maka terlihat seperti ini
Cara Mengatasi Kursor Tidak Bergerak Di Laptop
- Silahkan kamu klik Enable, dan klik OK.
- Selesai.

Sampai disini silahkan kamu coba geser-geser touchpad pada laptop yang sebelumnya mengalami error atau tidak bergerak. Maka secara otomatis maka kursor akan kembali dengan normal. Langkah ini sudah saya lakukan di laptop lenovo windows 10. Apabila masih ada kendala silahkan bertanya dan sharing di kolom komentar.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi Kursor Tidak Berfungsi Di Laptop, semoga artikel ini bermanfaat serta membatu memecahkan masalah seputar kursor yang tidak bergerak.
Previous Post Next Post