Memiliki sebuah laptop atau notebook atau sejenisnya memang banyak sekali manfaat serta kegunaanya, selain sebagai alat untuk mengerjakan sebuah tugas dikampus atau di sekolah ternyata laptop banyak juga di pakai sebagai alat untuk bermain games, menjalankan bisnis online, atau bahkan hanya sekedar untuk mengedit sebuah foto dan video saja. Dengan banyaknya daya serta asumsi baterai yang terkuras maka akan terasa jengkel apabila sebiah laptop sedang asik-asiknya di pakai tiba-tiba mati karena ngedrop.

Peristiwa ini juga sering saya alami sendiri ketika sedang mengerjakan tuga kuliah di kampus, baterai laptop cepat habis dan mungkin ini bisa jadi karena perawatan baterai laptop yang seenaknya tanpa tau aturan sehingga mengakibatkan baterai laptop cepat mengalami drop.

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

Baca juga :
Cara Ampuh Mengatasi RAM Android Yang Sering Penuh
Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama
Seperti halnya manusia yang memiliki batas serta kemampuan bertahan maka sebuah laptop juga akan memiliki batas ketahanan, dalam hal ini ketahanan baterai saat penggunaan laptop, maka bisa dikatakan gampang-gampang susah dalam merawat serta mempraktekan sebuah kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari. Dan berikut tips cara merawat baterai laptop agar tahan lama

1. Mencharge Laptop Dalam Posisi Mati
Setiap orang yang menggunakan perangkat laptop pastinya tidak akan selamanya menghidupkan laptopnya sepanjang waktu, dan tips untuk merawat baterai agar tetap tahan lama adalah mencharge / mengisi baterai laptop pada saat laptop dalam keadaan mati. Hal ini tentunya akan dapat mempermudah pengisian daya baterai laptop sehingga akan cepat terisi dan tidak terganggu oleh kinerja system karena semua system sudah off.

2. Menggunakan Charge Bawaan / Original
Dalam keadaan darurat maka seseorang tidak mau pusing dalam memrawat sebuah perangkatnya, hal ini tentunya akan berdampak pada perangkat tersebut kedepannya. Jadi usahakan jika anda mau berpergian ke kampus atau ke rumah teman bawalah charge bawaan dari laptop jangan menggunakan charge yang abal-abal atau hanya sekedar asal terisi saja. Apabila charge bawaan laptop anda sudah rusak maka carilah charge yang semodel dengan laptop anda serta original agar baterai tetap terawat dan tahan lama.

3. Mencabut Daya Charge Saat Terisi 100%
Banyak diatara teman-teman yang mengabaikan ini, dan saya pun terkadang demikian. Mencharge laptop tanpa melihat daya baterai sudah terisi penuh atau belum. Oleh karena itu untuk anda yang belum mengetahuinya maka mulailah dari sekarang untuk melakukan kebiasaan ini yaitu bukalah daya pengisian laptop jika baterai sudah terisi penuh 100% dan jangan biarkan laptop terus tersambung ke aliran daya listrik yang mana akan berdampak pada baterai nantinya.

4. Uninstal / Tutup Aplikasi Yang Jarang Atau Tidak Pernah Dipakai
Aplikasi pada sebuah laptop banyak sekali digunakan hanya sekali pakai, baik itu karena ada aplikasi pebanding atau bahkan karena sudah tidak diperlukan lagi. Maka dalam hal ini usahakan anda menguninstal aplikasi yang tidak pernah atau jarang dipakai. Serta tutuplah aplikasi apabila sudah tidak digunakan hal ini agar CPU tidak mengalami pengurasan daya yang berlebih.

5. Kurangi Mode Kecerahan Laptop
Ada kalanya sebuah kontras atau kecerahan sebuah laptop digunakan dengan baik yaitu dimana dalam keadaan malam maka anda bisa menggunakan mode kecerahan yang standar agar baterai laptop tidak terkuras lebih banyak. Tingkat kecerahan sebuah laptop bisa di atur menurut kemampuan penglihatan mata anda.

6. Matikan WIFI Jika Tidak Diperlukan

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

Baca juga :  
Aplikasi Download Video Dan Foto Di Instagram
Jika wifi sudah tak terpakai atau tidak digunakan, maka usahakan selalu menonaktifkan wifi apabila sudah tidak digunakan agar kinerja baterai laptop tidak terkuras. Hal ini akan membantu daya tahan baterai laptop akan bertahan lebih lama.

Demikianlah ulasan mengenai Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama, mungkin masih banyak lagi tips merawat baterai laptop agar lebih tahan lama. Namun diatas merupakan hal penting yang perlu anda terapkan agar baterai laptop anda bisa bertahan lebih lama.
Previous Post Next Post