Dalam kehidupan sehari-hari sebuah laptop pasti akan menjadi alat yang sudah tidak aneh lagi di pakai, apalagi pada perkembangan zaman sekarang ini semua hal memakai sebuah perangkat laptop / komputer agar mempermudah sebuah pekerjaan serta membantu menyelsaikannya. Namun kebanyakan dari para pengguna laptop atau PC banyak sekali yang hanya bersedia menjadi pemakai saja dan tidak mau menjadi perawat atau penjaga sebuah laptop dalam arti lain tidak mau merawat ketahanan sebuah laptop agar tetap stabil dan tetnunya nyaman di pakai.

Pernahkah anda suatu hari mendapati laptop atau pc di rumah atau di kampus terasa lemot atau lag ? jika ya, maka perlu di perhatikan penyebab lag atau lemotnya perangkat laptop tersebut. Hal ini tentunya bukan hanya seledar meperhatikan penyebab juga namun harus tau bagaimana memecahkan solusi agar laptop kembali menjadi normal atau setidaknya tidak terlalu parah.

Penyebab Laptop Menjadi Lemot

Baca juga :
Cara Ampuh Mengatasi RAM Android Yang Cepat Penuh
Penyebab Laptop / PC Menjadi Lemot
Dalam artikel ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab laptop atau PC menjadi lemot atau lag yang mana semoga dengan penjelasan yang saya berikan akan membantu anda dalam mengatasi problematika seputar laptop yang lemot. Dan berikut penyebab laptop atau PC menjadi lemot atau lag.

1. Aplikasi Yang Berlebihan
Memiliki sebuah aplikasi nampaknya memang sangat diperlukan dalam sebuah perangkat, apalagi aplikasi tersebut merupakan aplikasi pembantu yang mempermudah mengerjakan suatu tuga di kampus atatu di tempat kerja. Namun aplikasi yang terlalu banyak pada sebuah laptop atau PC akan mengakibatkan kinerja system pada laptop semakin berat dan hal ini merupakan salah satu penyebabnya laptop menjadi lemot.

Untuk mengatasi seputar lemot karena kebanyakan aplikasi yang di pakasang atau di instal maka sebaiknya anda menghapus atau menguninstal aplikasi yang sebenarnya jarang atau todak di pakai. Karena pada dasarnya sebuah perangkat juga memiliki kapasitas yang ditentukan dan tidak semua aplikasi dapat berjalan dengan sempurna jika system pada perangkat laptop sudah tidak sanggup lagi bekerja dengan baik

2. Masalah Pada Hard Disk Laptop
Hard disk merupakan sebuah komponen pada laptop atau PC yang mana berfungsi untuk penyimpanan media seperti video, musik, dokumen, system operasi dan lain sebagainya. Hal ini tentunya hard disk pada sebuah laptop sangat penting untuk terus di pantau serta di rawat agar nantinya kecepatan atau performa pada sebuah perangkat kaptop terus terjaga dan tidak terjadi lemot.

Apabila sebuah laptop atau PC hard disknya sudah error atau melebihi kapasitas penyimpanannya, maka ini merupakan salah satu penyebab laptop menjadi lag atau lemot sehingga akan membuat anda jengkel. Jadi agar performa sebuah perangjat laptop tetap lancar maka sebaiknya anda tidak menyimpan terlalu banyak file yang tidak diperlukan pada sebuah laptop agar kinerja laptop tetap terjaga.

Baca juga :
Aplikasi Download Video Dan Foto Di Instagram
3. RAM Laptop Terlalu Kecil
RAM pada sebuah laptop tentunya sangat mempengaruhi kinerja laptop itu sendiri, apabila sebuah laptop memiliki RAM yang sangat kecil maka operasi di laptop anda akan sangat lambat. Hal ini karena system yang diminta berjalan terlalu besar namun RAM yang bisa mengerjakannya terlalu kecil dan disinilah terjadi sebuah lemot pada perangkat laptop.

Untuk mengatasi permasalahan ini anda bisa mengupgrade RAM yang tadinya kecil menjadi lebih besar atau sekitar RAM 2GB - 4GB agar performa laptop tetap lancar di pakai.

4. Sistem Operasi Yang Jadul
Apabila sebuah lapop terasa lemot maka bisa dikatakan salah satu penyebabnya adalah sistem operasi yang sudah lawas hal ini tentunya jika ingin membuat kinerja laptop menjadi kembali normal maka anda bisa dengan menginstal ulang laptop anda agar menjadi terasa ringan dan terasa baru.

Demikianlah penjelasan tentang Penyebab Laptop Menjadi Lemot, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam mengatasi sebuah permasalahan tentang penyebab laptop / PC menjadi lemot atau lag, dan semoga bermanfaat.
Previous Post Next Post