Mengakses internet pada ponsel android pasti setiap saat di lakukan oleh para pengguna ponsel android, kare fungsi sebgian dari ponsel adnroid adalah untuk dapat terhubung ke internet agar senantiasa bisa bersosial media serta game online. Namun pernahkan anda mengalami hal yang sangat menjengkelkan dimana ponsel android anda tidak bisa mengakses internet ?

Hal ini tentunya banyak hal yang mempengaruhi ponsel android tidak dapat terhubung ke internet, dan saya sendiri pernah mengalami hal ini pada saat mengerjakan tugas kampus untuk membuka email tiba-tiba ponsel tidak bisa terhubung ke internet dan alhasil tidak bisa berbagi hotspot ke PC. Ternyata banyak sekali hal  yang mempengaruhinya, dan berikut merupakan masalah yang mengakibatkan ponsel android tidak bisa terhubung ke internet :

Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Konek Internet

Baca juga :
Inilah Penyebab Laptop Menjadi Lemot
1. Data Seluler Tidak Aktiv
Jika anda adalah seorang yang pelupa maka hal pertama untuk mengatasi ponsel android tidak bisa terhubung ke internet adalah dengan melihat apakah data seluler sudah aktiv atau dalam keadaan off. Hal ini tentunya bisa jadi teman atau anda sendiri yang sebelumnya menonaktivkan data pada ponsel android. Untuk mengeceknya anda bisa melakukan hal berikut :
Siahkan buka Pengaturan »» Pilih Nirkabel & Jaringan »» dan lihat “Data” apakah sudah dalam keadaan hidup atau tidak, hal ini di tandai dengan warna hijau biasanya.

2. Cek Kuota Internet
Kuota merupakan hal penting di ponsel android agar tetap bisa terhubung ke internet, dan hal ini tentunya harus sering di cek secara berkala agar anda bisa tahu kapan harus mengisi kuota internet dan tentunya tetap bisa mengakses internet di ponsel android. Apablia anda mengalami permasalahan tidak bisa terhubung ke internet bisa jadi kuota paket nternet anda sudah habis dan akhirnya tidak bsia terhubung ke internet.

3. Cek Tanggal Dan Jam
Tanggal dan jam pada ponsel android memang tidak sering di perhatikan, hal ini bisa jadi merupakan salah satu penyebab koneksi internet di ponsel android tidak terhubung ke internet. Jika tanggal dan jam pada ponsel android anda error atau tidak sesuai maka anda bisa merubahnya dengan menyesuaikan jam dan tanggal secara otomatis dengan cara berikut :
Silahkan buka Menu Pengaturan »» Pilih Tanggal & Waktu »» Silahkan anda Centang pada bagian “Tanggal & Waktu Otomatis” dan “Zona Waktu Otomatis”

4. Mode Pesawat
Mode pesawat pada ponsel android berfungsi agar semua jaringan / sinyal serta data di nonaktivkan dan pada akhirnya ponsel hanya dapat digunakan untuk bermain game offline atau yang lainnya yang tanpa menggunakan sinyal. Silahkan cek mode pesawat anda apabila koneksi internet tidak terhubung, jika mode pesawat aktiv silahkan di nonaktivkan terlebih dahulu agar data kembali aktiv.

5. Sampah
Setiap kali anda melakukan browsing atau streaming di instagram, facebook, bbm dan lain sebagainya. maka di usahakan untuk selalu mebersihkan file sampah setiap kali selesai mengaksesnya. Hal ini tentunya dapat menjadi salah satu penyebab internet tidak bisa terhubung karena sampah yang menyimpan virus.

Baca juga : 
Aplikasi Download Video Dan Foto DI Instagram
6. Periksa APN Ponsel
APN (Access Point Name) pada ponsel android sangat berpengaruh pada koneksi internet, apabila anda salah memilih APN maka tidak akan bisa  terhubung ke internet. Namun biasanya APN ini sudah otomatis memilih SIM card yang di pasang pada ponsel android tersebut. Anda bisa mengeceknya dengan cara :
Pilih menu Setting »» Pilih Wireless and Network »» Pilih Mobile Network »» Kemudian pilih Access Point Name. silahkan pilih sesuai sim card yang anda pakai.

7. Restart Ponsel Android
Menonaktivkan terlebih dahulu ponsel bisa jadi solusi agar konseksi internet kembali normal dan system kembali berjalan dari awal. Apabila sudah melakukan pengecekan seperti hal yang dijelaskan diatas maka anda bisa mencoba menonatifkan dahulu ponsel anda kemudian mengidupkannya kembali dan silahkan coba mengakses kembali ke internet.

Itulah tadi Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Konek Internet, agar lebih jelasnya anda bisa melakukan pertanyaan di kolom komentar agar kami dapat membantu memecahkan maslah seputar ponsel android yang tidak bisa terhubung ke internet.
Previous Post Next Post