Jenis peralatan radio dan tape recorder pada saat ini kebanyakan digabungkan dalam satu bentuk yang dapat digunakan secara bergantian yaitu untuk mendengarkan radio dan merekam suara tipe recorder. Radio merupakan peralatan audio yang memiliki fungsi untuk menerima saluran siaran radio yang dipancarkan oleh stasiun pemancar radio tersebut. dan terdapat 2 jenis modulasi yang dipergunakan yaitu jenis amplitudo modulation (AM) dan modulation frequency (FM).

Dizaman modern seperti saat ini radio tape recorder jarang sekali digunakan karena banyak faktor diantaranya adaah adanya kecanggihan ponsel android yang memiliki fitur lebih lengkap untuk merekam suara maupun radio secara online dengan kualitas suara yang tidak kalah bagus. Dan hal inilah salah satu penyebab banyaknya peralatan elektronik yang dulu sering di idolakan namun kini banyak ditinggalkan.

Cara Kerja Tape Recorder

Cara Kerja Radio yaitu gelombang radio dari udara yang diterima melalui rangkaian penala yang mana komponen utama dalam rangkaian ini adalah induktor.  Setelah di tala lalu masuk ke rangkaian mixer yang mana komponen utamanya adalah transistor dan osilator. Pada rangkaian mixer, getaran yang rendah di udara akan di campurkan dengan getaran tinggi dari osilator melalui transistor sehingga level sinus getaran akan menjadi cukup kuat untuk nantinya dipisahkan. Setelah dicampur lalu dideteksi oleh rangkaian detektor yang mana komponen utama dalam rangkaian ini adalah dioda. Rangkaian detektor berfungsi sebagai pemisah antara gelombang suara dan gelombang pembawa (career wave) sehingga gelombang pembawa tidak terbaca oleh rangkaian berikutnya. Setelah dipisahkan maka selanjutnya dikuatkan dengan penguat daya (power amplifier), dan setelah itu suara baru bisa dirasakan dan didengar melalui speaker.

Cara Kerja Tape Recorder
Baca juga :
Cara Kerja Magic Com

Cara kerja tape recorder sangatlah sederhana yaitu sumber arus masuk ke rangkaian dinamo untuk memutarkan atau menggerakkan kaset recorder yang diguakan untuk memutar dan merekam sinyal audio kedalam sebuah kaset. Pada mesin tape terdapat tombol record yang mana berfungsi sebagai awal perekaman, tombol record dan play biasanya ditekan secara bersamaan. Salah satu fungsi dari rekaman merupakan untuk menyimpan sinyal audio kedalam kaset yang mana pada saat diperlukan sinyal audio tersebut dapat diputar kembali.

Komponen Radio Tape Recorder
Komponen radio tape recorder meliputi :
- Antena, yang berfungsi sebagai penagnkap sinyal gelombang radio yang dipancarkan oleh stasiun radio dan antena ini sangat berpengaruh untuk penangkapan siaran radio.
- Penala, yang merupakan komponen untuk menentukan gelombang yang bermacam-macam.
- Osilator dipergunakan sebagai pembangkit frekuensi menjadi lebih tinggi dari frekuensi radio yang sudah diterima.
- Mixer merupakan blok yang berfungsi sebagai pencampur getaran antena dan getaran yang dihasilkan oleh osilator.
- Penguat frekuensi antena adalah penguat frekuensi yang dilakukan apabila sinyal dari mixer belum stabil / kuat.
- Detektor berfungsi sebagai pemisah antara getaran suara dan getaran pembawa.
- AGC (Automatic Gain Control) yaitu alat untuk mengatur penguat secara otomatis
- Mesin tape berfungsi sebagai perekam dan memuat kaset.
- Catu daya yaitu berupa transformator step down yang memiliki fungsi untuk menurunkan tegangan tinggi menjadi tegangan rendah.
- Speaker berfungsi untuk mengeluarkan suara.
- Casing adalah body tempat menopang seluruh komponen radio tape recorder.

Cara Mengatasi Permasalahan Tape Radio Recorder
Suara Radio Tidak Jelas
Apabila suara radio tidak jelas, maka langkah-langkah untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara :
- Putar antena sampai menghasilkan gelombang yang stabil
- Buka baut penutup belakang dengan pbeng kemudian periksalah sambungan kabel antena takutnya terputus.
- Periksalah komponen pada rangkaian blok radio, telusuri secara perinci dengan menggunakan avometer untuk mengetahui kerusakan atau terbakar komponennya. Dan segera ganti dengan komponen yang baru.
- Periksa penguat audio akhir, berjaan dengan lancar atau malah ada yang terganggu. Hal ini dapat dilakukan dengan mengguakan dengan tangan apabila disentuh pada bagian input dari penguat maka akan keluar dengungan bunyi, hati-hati menyentuhnya agar tidak terjadi kerusakan pada speaker.

Baca juga :
Cara Kerja Lemari Es

Radio Menyala Tapi Tidak Ada Suara
Silahkan periksa dengan langkah berikut :
- Lepaskan kabel stekr dari stop kontak
- Buka baut penutup pada bagian belakang dengan menggunakan obeng.
- Periksalah kabel yang emnghubungkan output suara ke speaker, apabila rusak atau terputus segera perbaiki
- Test speaker dengan menggunakan perangkat lain. Apabila rusak segera ganti dengan yang baru.
- Apabila kabel dan speaker normal, maka periksalah bagian IF audio dengan avometer. Apabila ada komponen yang rusak segeralah ganti.
- Periksalah bagian rangkain penguat komponen audio. periksa secara rinci.

Demikianlah artikel tentang Cara Kerja Radio Tape Recorder, semoga bermanfaat.
Previous Post Next Post